Minggu, 06 Oktober 2013

Setu Babakan

SETU BABAKAN

 
Setu Babakan merupakan danau buatan seluas 30 hektar dengan kedalaman sekitar 1-5 meter, yang terletak Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Danau ini mejadi tujuan wisata keluarga sekaligus wisata budaya karena di Utara Danau terdapat Cagar Budaya Betawi. 
Pintu Gerbang ke lokasi Setu Babakan
Pengunjung dapat menikmati wisata air atau sekedar menikmati suasana sekitar danau yang asri dengan bermacam-macam pohon yang tumbuh di sekitar danau seperti Mangga,  Jengkol, Palem, Nam-nam, Melinjo, Cempedak, Rambutan, Nangka, Jambu, Guni, Pandan, Krendang, Kecapi, dan Jamblang,  Tempat ini juga menjadi tujuan favorit bagi para pemancing, khususnya area di sebelah Timur danau, karena selain gratis ikan mujair juga cukup banyak terdapat di danau ini.


Setu Babakan

Sedangkan bagi pecinta wisata budaya dapat menikmati berbagai pertunjukan kesenian Betawi berupa Lenong, Tanjidor, Tari Topeng, Marawis, Gambang Kromong, Tari Narojeng, dan Tari Lenggang Nyai. Tak ketingggalan pula secara berkala digelar upacara adat Betawi seperti Nujuh Bulan, Penganten Sunat, Khatam Qur'an, dan Pindah Rumah.
Di kawasan ini pengunjung juga dapat menyaksikan rumah-rumah adat Betawi seperti Rumah Betawi Kebaya atau Bapang, Rumah Joglo, dan Rumah Betawi Gudang atau Kandang
Bagi pecinta kuliner bisa menikmati sajian masakan/makanan khas Betawi seperti Nasi Ulam, Kerak Telor, Nasi Uduk, Toge Goreng, Bir Pletok, Arum Manis, Es Duren, Rujak Be-bek, Es Potong, Dodol Betawi dan Soto Betawi
Saat ini Pemerintah daerah DKI Jakarta sedang mengupayakan pembuatan pulau buatan di tengah danau dan perbaikan fasilitas umum di Utara Setu yang meliputi perbaikan tempat parkir, panggung arena, kantor pusat informasi, dan panggung tertutup.

Angkutan umum melalui Setu Babakan :
    1. Angkot D128 trayek Depok - Lebak Bulus.
    2. Kopaja 616 trayek Pasar Minggu - Cimpedak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar