Selasa, 03 Juli 2012

Kepulauan Seribu





KEPULAUAN SERIBU


Kepulauan Seribu merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terbentang dari teluk Jakarta hingga Pulau Sebira. Kepulauan yang merupakan kabupaten administrasi dan menjadi bagian dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta ini memiliki luas  lautan 6.997, 50 km2  dan daratan 865, 59 hektar.. Pulau-pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu berjumlah 106 pulau dengan pembagian 11 pulau pemukiman, 4 pulau dengan bangunan sejarah, 2 pulau cagar alam dan 9 pulau wisata umum dan 36 pulau wisata lainya,  dihuni oleh sekitar 2000 jiwa penduduk dengan pusat pemerintahannya yang terdapat di Pulau Pramuka


Beberapa pulaunya yang menjadi andalan pariwisata di kawasan ini :

 Pulau Alam Kotok

Alam Kotok Resort atau juga dikenal sebagai Pulau Kulkul Kotok merupakan pulau yang sangat natural dengan vegetasi yang masih asli, laut yang jernih dan formasi batu karang berwarna-warni sehingga menjadi tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang Bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta.
Pulau Kotok dapat ditempuh dengan speed boat hanya 90 menit dari Marina Ancol.  Mempunyai nuansa alam yang begitu menawan  dan masih banyak pepohonan serperti hutan  tetapi tertata dengan rapi. Pohon-pohon bakau besar tumbuh dengan kokoh dari akarnya didalam hamparan pasir putih, sebuah kekayaan bahari, kicauan burung, biawak yang jinak,semua menunggu disana.  Pulau ini merupakan salah satu tujuan para turis yang ingin berwisata menikmati keindahan laut atau alam yang begitu asri.

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 90 menit dari Pier 15, Ancol
  Dari Ancol                              : 08.00 am
  Dari Pulau pada jam kerja       : 2.00 pm
  Dari Pulau pada akir pekan     : 3.30 pm
                          

Pulau Ayer

Pulau ini merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang mempunyai sumber air tawar. Pulau Ayer mempunyai beberapa type cottage baik yang di darat maupun yang dia tas laut/floating cottage. Cottage yang paling diminati para tamu adalah floating cottage dengan nuansa suku Asmat. Di cottage ini anda dapat mendengar deburan ombak serta dapat memandang lautan secara luas. Dan andapun dapat memancing dari teras cottage. Fasilitas pulau Ayer terdapat ruang meeting, restoran, dermaga pancing, kolam renang, arena bermain anak, karaoke room, water sport (jetsky, banana boat, canoe), mini market, fun bike, volley pantai, basket. Pulau ayer dapat dikelilingi dengan berjalan kaki, atau dengan menggunakan sepeda.

Jadwal Kapal

Waktu tempuh : 30 menit dari Marina Pier 16, Ancol
Dari Ancol hari kerja     : 9.00 am
Dari Pulau hari kerja     : 4.00 pm
Dari Ancol akhir pekan : 9.15 am
Dari Pulau akhir pekan   : 2.00 pm & 4.00 pm



Pulau Bidadari

Sebagai resort terdekat Pulau Bidadari berjarak sekitar 15 km dari Jakarta, dapat ditempuh 20 menit menggunakan speedboat dari Marina Ancol. Memiliki cottage darat dan terapung yang berada diantara pepohonan dan deburan ombak tepi pantai, pemandangan aktivitas nelayan di sekitar pantai  memberikan nuansa nyaman, asri, dan menyatu dengan alam.
Berbagai fasilitas hiburan dan kegiatan pantai ditawarkan disini, mulai dari olahraga air, kegitan outbound dan atraksi ikan lumba-lumba, dan masih banyak lagi. Disini juga peninggalan sejarah seperti prasasti dan benteng Martello peninggalan Belanda dari abad ke 17, lokasi ini menjadi lokasi perburuan foto favorit. Untuk melengkapi kunjungan, anda dapat juga mengunjungi pulau-pulau yang berdekatan, seperti Pulau Kahyangan dan Pulau Kelor. Beberapa cottage dibangun diantara pepohonan yang menghadap ke lautan, membangkitkan nuansa romantik.

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 30 menit dari Marina, Ancol
  Dari Marina       :  11.00 am
  Dari Pulau          :  18.00 pm

Pulau Pantara

Pulau Pantara atau Pulau Seribu atau dikenal juga dengan sebutan Pulau Seribu Marine Resort terbagi dalam 2 pulau yaitu Pantara Barat dengan 34 cottage dan Pantara Timur dengan 56 cottage yang kesemuanya beratap jerami dengan dinding berbentuk jendela kaca berukuran besar memberikan pemandangan ke luar cottage yang tidak terhalang. Restoran terapung yang menyuguhkan beragam selera masakan tradisional Indonesia, oriental, western atau japanese.
Pulau yang jaraknya sekitar 2 jam dari Marina Ancol ini  terkenal sebagai tempat ideal untuk menyelam dan snorkeling, Pulau Pantara dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan kegiatan olah raga air seperti jet ski, windsurfing dan banana boat. Air lautnya yang jernih bagaikan kaca memberikan nuansa kesegaran sehingga memberikan kenangan yang tak terlupakan di liburan anda.

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 120 menit dari Marina, Ancol
  Dari marina     : 9.00 am
  Dari Pulau       : 1.30 pm

Pulau Putri

Pulau ini memiliki "Undersea Aquarium" atau dunia bawah laut sangat jarang dan bahkan langka. Salah satu resor di Indonesia yang memiliki "Undersea Aquarium" adalah Resor Pulau Putri di Kepulauan Seribu. Bukan cuma itu, akuarium raksasa dan kolam yang menyatu dengan laut juga melengkapi resor ini. Pulau ini merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu yang berjarak waktu tempuh kurang lebih 90 menit menggunakan speed boat dari marina ancol Jakarta. Fasilitas pulau ini dilengkapi dengan kolam renang, lapangan tenis, aktivitas air (water bee, kano, banana boat), dan anda juga bisa menyelam dengan menyewa peralatannya di dive shop yang tersedia, live music disaat weekend, dsb. Perjalanan 90 menit dengan speed boat dari Marina Ancol Pier 9, Ancol.

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 90 menit dari marina Pier 9, Ancol
  Dari Ancol      : 8.00 am
  Dari Pulau       : 2.00 pm

Pulau Sepa

Pulau Sepa mempunyai pantai pasir putih dan ekosistem bawah laut yang indah menjadi tempat favorit bagi para diver, karena diving dan snorkeling merupakan kegiatan utama di pulau ini, selain itu Pulau yang berjarak tempuh  ± 90 menit dari Marina Ancol adalah tempat yang mengasikkan untuk aktivitas memancing.
Nuansa tropis Pulau Sepa yang sangat alami dan menyegarkan akan menyapa anda saat anda tiba di pulau ini. Salah satu keunikan wisata Pulau Sepa yaitu Marine Walk, Anda dapat berjalan-jalan dengan leluasa dikelilingi ikan-ikan di dasar laut tanpa perlu bermacam alat selam.

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 90 menit dari Pier 19, Ancol
  Dari Ancol      : 8.00 am
  Dari Pulau       : 2.00 pm






Pulau Pelangi

Pulau pelangi terletak kurang lebih 60 km dari pantai Mutiara, memiliki vegetasi yang rimbun dan pasir putih yang dikelilingi oleh jernihnya lautan biru, merupakan pilihan tepat untuk berlibur sembari menikmati keindahan alam.
Pulau pelangi memiliki 25 bungalow tipe tulip, 29 bungalow tipe bougenville, bungalow yang eksklusif dilengkapi dengan penyejuk udara, dua tempat tidur, tempat pemandian yang dilengkapi dengan air panas dll. Seluruh bungalow menghadap ke arah pantai dimana anda dapat menikmati keindahan pemandangan laut. Pulau Pelangi juga dilengakpi dengan rumah makan terapung, toko selam yang menyediakan peralatan untuk diving, snorkelingdan memancing, lapangan tennis, klinik dan rekreasi lainnya.

Jadwal Kapal
   Pantai Mutiara R1 – Pelangi Island : 08:30 AM
   Pelangi Island – Pantai Mutiara R1 : 02:30 PM

Pulau Macan


Pulau Macan merupakan sebuah lokasi wisata pantai yang benar-benar menakjubkan. Lokasi Pulau Macan ini cukup terpencil di Kepulauan Seribu bagian Utara. Pulau Macan ini memiliki kapasitas maksimum 30 orang dan mayoritas pengunjung adalah wisatawan asing. Atmosfir natural di dalam Pulau Macan membuat anda serasa berada di lingkungan rumah yang nyaman. Lokasinya dapat ditempuh dalam 1 jam 30 menit dari Marina Ancol dengan menggunakan speed boat. Pulau Macan memiliki dua pulau yaitu Pulau Macan besar dan kecil.
Pulau Macan menawaran berbagai type cotages, seperti Sunset Hut, dimana anda bisa langsung melihat sunset dari kamar anda, tenda, red brick, eco wood, drift wood. Berbagai aktivitas olahraga air dapat anda nikmati, mulai dari canoe, snorkeling, wind surfing, dan diving.
Pulau ini cukup ekslusif, untuk menuju pulau ini juga butuh perjuangan, selain harus by reservation, jika ingin menyebrangi ke Pulau ini, Anda harus menaiki kapal dari Ancol yang sudah disewa oleh resor bersangkutan. Jika tidak, Anda harus menaiki kapal nelayan yang di kenal sebagai Kapal Kerapu yang hanya akan berangkat jika penumpang minimum 8 orang dan berangkat jam 8 pagi

Jadwal Kapal
  Waktu tempuh : 90 menit dari Pier 6 Marina, Ancol
  Dari marina : 8.00 am
  Dari Pulau    : 2.00 pm & 3.00 pm

Pulau Tidung

Pulau seluas sekitar 50,13 hektar ini memiliki keindahan alam bawah laut dan keramahan penduduk yang menjadikan pulau ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing.
Letaknya yang strategis dekat dengan Jakarta (2 jam perjalanan dari pelabuhan Muara Angke ) para wisatawan tidak perlu banyak waktu untuk menikmati keindahan alam bawah laut yang eksotis.
Pulau Tidung termasuk pulau yang unik dan eksotis yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar (berpenghuni) dan Pulau Tidung Kecil (tidak berpenghuni). Kedua pulau dihubungkan dengan sebuah jembatan bertiang beton yang panjangnya kurang lebih 700 meter dikenal oleh masyarakat dengan nama Jembatan Cinta. Pengunjung dapat menyusurinya dengan bersepeda atau jalan kaki sambil menikmati pemandangan terumbu karang dengan beraneka ragam habitatnya dari sisi kiri dan kanan jembatan, bahkan di jembatan ini pengunjung dapat menguji adrenalin dengan melompat dari ketinggian sekitar 7 meter
Karena mempunyai alam yang indah dan dukungan pemerintah setempat serta keterlibatan masyarakat, maka wajar wisata di Pulau Tidung dapat terus berkembang
Wisata Pulau Tidung saat ini menjadi trend-setter wisata-wisata di Kepulauan Seribu, bahkan wisata Pulau Tidung boleh dibilang bisa bersaing dengan wisata-wisata di Kepulauan Seribu yang lebih dahulu ada. Terbukti banyaknya wisatawan lokal maupun manca negara yang terus berdatangan ke Pulau Tidung seperti air laut yang tak pernah surut. Disaat weekend dan hari libur nasional wisatawan di Pulau Tidung bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang jumlahnya
Wisata Pulau Tidung yang berbasis masyarakat ini kian berkembang, rumah-rumah penduduk disulap menjadi homestay yang sebagian besar sudah difasilitasi AC dan layak huni siap menampung wisatawan yang datang
Dengan biaya yang relatif murah (untuk keberangkatan dari Muara Angke Dewasa Rp. 33.000, Pelajar Rp. 23.000), wisatawan sudah dapat berpetualang menikmati eksotisnya alam Pulau Tidung, kuliner khas pulau dan banyak lagi pengalaman-pengalaman yang berkesan.

Kapal penumpang akan siap berlayar setiap hari dari Muara Angke mulai dari pukul 07.00 WIB dan biasanya terdapat 3 kapal motor di hari libur untuk mengantar para wisatawan dengan kapasitas setiap kapal mampu menampung lebih dari 200 penumpang. Sepanjang perjalanan para penumpang akan dipuaskan oleh pemandangan laut yang menarik, seperti rombongan burung laut yang beterbangan, serangkaian pulau yang kita lewati, papasan kapal nelayan, tentunya dengan pemandangan laut lepas yang menakjubkan.
Pulau Tidung yang lebarnya diperkirakan hanya 200 meter namun panjang sekitar 5 km, dikelilingi pantai dangkal yang bergradasi putih karena ditumbuhi karang yang nampak kasat mata dan dipenuhi ikan hias pantai yang tak hentinya berlenggok serasa menghibur pandangan mata. Lebih ke depan, nuansa laut berwarna biru kehijauan dan lebih jauh biru dan biru gelap pertanda laut dalam, pantai ini tidak berombak besar karena gugusan karang dan terumbu karang yang mengelilingi mampu menahan ombak, cukup aman untuk berenang.
Penginapan yang tersedia dibuat para penduduk adalah terdiri dari beberapa rumah, sehingga jika dikehendaki, sebaiknya sesaat setelah berlabuh, tentukan penginapan terlebih dahulu untuk dapat menaruh barang bawaan kita. Biaya penginapan diperkirakan berkisar Rp. 200,000,- untuk satu kamar dengan dua ranjang tanpa pendingin atau sekitar Rp. 300,000,- hingga Rp. 400,000,- untuk penginapan dengan pendingin udara. Disarankan untuk bernegosiasi dalam hal tarif.
Perjalanan dapat dimulai dengan menyewa sepeda untuk melakukan perjalanan berkeliling pulau yang telah dilengkapi satu-satunya jalan setapak atau paving block, menyusuri pantai mengelilingi keindahan Pulau Tidung.
Pertama kali akan ditemui perkampungan penduduk yang ramah dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan, selanjutnya jalan setapak yang panjang ini akan melewati fasilitas umum, seperti kantor polisi yang juga menyapa ramah para wisatawan yang lalu lalang di depannya, sekolah setingkat SMU untuk para pelajar dari pulau sekeliling, kumpulan warung dan menuju ke jembatan panjang yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil tanpa penduduk.
Puskesmas dan kantor kelurahan yang tertata apik dan rapi juga akan dilewati sepanjang perjalanan menelusuri Pulau Tidung.
Di awal jembatan penghubung ini, akan ditemui jembatan yang cukup tinggi untuk melalui suatu cekungan laut yang agak dalam, dimana banyak anak kecil penduduk setempat memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka, cukup menghibur para wisatawan dan amat mengundang keinginan untuk bisa bergabung dengan mereka melakukan loncat indah di pantai biru tanpa ombak.
Pantai jernih berwarna biru kehijauan yang teduh sepanjang jembatan penghubung yang sudah didasari dengan beton yang kokoh di lapisi dengan kayu pohon kelapa, menemani pemandangan saat berjalan santai menelusurinya, sekali lagi mengundang keinginan kuat untuk berenang atau menyelam, juga dapat menunggu panorama langit yang sangat indah saat matahari tenggelam serta suasana menjelang malam.
Di penghujung jembatan penghubung, menapaki pantai Pulau Tidung Kecil yang merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, masih tampil indah ditelusuri dengan bersepeda, melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi yang pasirnya putih lembut, sangat indah pemandangannya.
Kawasan sepanjang jembatan penghubung ini sangat cocok melakukan snorkling, dengan menyewa peralatan tersebut dengan biaya yang relatif murah, berkisar Rp. 25,000,- hingga Rp. 35,000,- per hari. jangan hanya puas dengan satu spot snorkling, berkelilinglah juga ke Pulau Tidung Kecil yang di penghujung terdapat spot cantik lebih asri untuk penampilan pemandangan dasar lautnya, sambil menantikan matahari tenggelam dengan pemandangan langit nuansa jingga.
Wisatawan akan sangat terpuaskan oleh panorama pemandangan alam yang tidak akan pernah ditemui bagi para wisatawan kota besar yang bersahabat dengan polusi udara, polusi suara, dan banyak polusi disekitar kita. Pulau Tidung juga merupakan lokasi yang amat tepat bagi para pecinta fotografi dan fotografer profesional.

Jadwal Kapal 
  Daari Muara Angke :  07.00 am
  Dari Marina : 8.00 am
  Dari Pulau    : 3.00 pm

Pulau Pramuka


Pulau Pramuka adalah salah satu gugusan Kepulauan Seribu yang merupakan pusat pemerintahan kabupaten administrasi Kepulauan Seribu. Dengan menempuh jalur laut selama 2,5 jam dari Muara Angke dengan menggunakan kapal transportasi kita akan sampai di dermaga Pulau Pramuka.
Pulau Pramuka sendiri merupakan pulau berpenduduk yang mulai berkembang menjadi daerah pariwisata beberapa tahun belakangan ini karena keindahan alam di sekitar pulau ini dan penduduk yang ramah. Jernihnya air laut yang biru, terumbu-terumbu karang yang indah dan pulau pasir putih di sekitar membuat setiap orang yang pernah pergi ke pulau ini ingin kembali lagi ke pulau ini.

Jadwal Kapal
  Dari Marina : 7.00 am
  Dari Pulau   : 1.00 pm


Itulah pulau-pulau yang menjadi tujuan wisata dalam lingkupTaman Nasional  Kepulauan Seribu dibawah pengawasan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu (BTNKpS). Paket wisata ke pulau –pulau tersebut banyak dikelola oleh biro perjalanan wisata. Untuk informasi lebih lengkap tentang Taman Nasional Kepulauan Seribu bisa mengunjunginya di http://www.tnlkepulauanseribu.net






Tidak ada komentar:

Posting Komentar